oleh

TEPG FMP Tengah Dampingi Pasien Kanker Servik

BANDUNG, (PERAKNEW).- Tim Evakuasi Pasien (TEP) Gakin LSM Forum Masyarakat Peruli (FMP) tangani pasien Kanker Servik di Bandung, belum lama ini.

Pasien penderita Kanker Servik masih pada peringkat pertama paling terbanyak, diantara jenis penyakit yang kanker lainnya.

banner 728x90

Persentase kegiatan TEPG FMP selama satu tahun ini sejak Januari hingga Desember 2019 didominasi penyakit kanker dan tumor, yang paling tinggi peringkatnya adalah jenis penyakit kanker servik atau kanker rahim.

Seperti yang pernah diberitakan Perak di edisi-edisi sebelumnya TEPG FMP selalu mengibau kepada masyarakat luas tentang pentingnya pola hidup yang baik, terutama bagi para ibu ataupun perempuan yang masih lajang untuk hidup yang baik untuk menjaga kesehatanya.
Seperti yang dianjurkan para Dokter RSHS, apabila sedang memeriksa pasien apa penyebab penyakit kanker servik tersebut, diantaranya adalah mandi mengguyur badan saat belum tuntas haid/menstruasi, minum es saat haid, telat ganti pembalut karena menyebkan penguapan ke dalam dinding rahim, berhubungan saat haid.

Hal tersebut diatas merupakan diantaranya penyebab terjangkitnya penyakit kanker servik.

Adapun tahapan pemeriksaan pengobatan untuk kesembuhan kanker tersebut, harus melalui beberapa tahap, diantaranya ada yang melalui sinar luar dan sinar dalam, kemo terapi atau dioperasi (angkat rahim) tergantung stadium penderita sakit tersebut.

Pemeriksaan sebelum dilakukan operasi melalui tahap pemeriksaan EKG, USG, Rongent, Ct Scan, MRI.
Tim EPG FMP selama tahun 2019 dampingi pasien Kanker servik di RSHS sebanyak 18 orang, 3 diantaranya tidak tertolong dan yang lainya Alhamdulillah sembuh sehat seperti sediakala.

Saat wawancara Perak, Pipin sebagai Tim EPG FMP di Ruang antrian RSHS, Kamis (27/2/2020) menerangkan, “Pada bulan-bulan ke belakang, mendampingi pasien kanker servik sangat banyak, hampir setiap hari mengantar pasien kanker servic ke RSHS,” ungkapnya. (Pepen)

Berita Lainnya