Ratusan Warga Penderita Diabetes Ikuti Skrining Mata

CIMAHI,  (PERAKNEW).- Guna mencegah retinopati diabetik pada penderita diabetes mellitus, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menggelar skrining mata retinopati diabetic bagi warga. Tidak kurang 200 warga Kota Cimahi mengikuti kegiatan ini yang berlangsung di gedung B Pemkot Cimahi Jln. Rd Demang Hardjakusuma, belum lama ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Cimahi, dr Ars Agustiningsih mengatakan, retinopati diabetik merupakan penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes di seluruh dunia, disusul katarak.

“Diabetes melitus  merupakan penyakit metabolik. Penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) akibat kurangnya kadar hormon insulin dalam tubuh,” ungkapnya.

Pihaknya mengadakan skrining mata guna mencegah retinopati diabetik pada penderita diabetes melitus. “Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati hari penglihatan sedunia. Warga yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 200 orang lebih,” katanya.

Dijelaskannya, kadar glukosa darah yang tinggi atau tidak terkontrol dalam waktu lama dan umumnya terjadi bila penderita mengalami diabetes lebih dari 5 tahun, akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah kapiler diseluruh tubuh, termasuk diantaranya adalah di retina mata.

“Apabila retinopati diabetik sudah teridentifikasi, dilakukan manajemen sedini mungkin bagi penderita dengan melakukan pemeriksaan mata secara berkala, minimal satu kali dalam setahun,” terangnya.

Sebelum dilakukan skrining mata retinopati diabetik, terlebih dahulu dilakukan sejumlah pemeriksaan, seperti tensi darah dan cek gula darah. Kemudian bagi yang menderita diabetes melitus cukup lama dilakukan retinopati diabetik.

“Pemeriksaan ini khusus bagi penderita diabetes yang sudah lama. Kalau yang baru hanya dilakukan konsultasi saja,” ujarnya.

(Harold)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here