Pengecekan Kondisi Bus Mudik Gratis Pemkot Cimahi

oleh -6 views
Bus Mudik Gratis Pemkot Cimahi Dicek Kelaikannya

CIMAHI, (PERAKNEW).- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi menguji kelaikan sejumlah armada bus jelang mudik Idul Fitri 1440 H di dua titik, belum lama ini. Pantauan detikcom, penguji bus melakukan pengecekan setir, rem, lampu, ban dan surat-surat administrasi kendaraan.

Petugas menemukan beberapa temuan saat pemeriksaan di titik pertama, yakni Jalan Gandawijaya, tempat transit Bus Budiman. Di antara bus-bus tersebut beberapa ban kehilangan baut, ketidakadaan alat pemadam api (APAR), kemudian pintu keluar darurat yang macet.

“Kalau dari segi administrasi ternyata kartu pengawasannya sudah kadaluarsa, kami akan layangkan teguran terlebih dahulu dan akan kami evaluasi lagi pekan depan,” kata Kasi Angkutan Dishub Cimahi Ranto Sitanggang di sela-sela kegiatan.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi untuk memeriksa urine sopir angkutan umum. “Ya, apakah mereka terindikasi berada di pengaruh obat atau minuman keras,” katanya.

Selain memeriksa di pool transit Budiman, pihaknya juga memeriksa garasi bus di Jalan Baros. Di sana, Dishub memeriksa kelaikan 15 bus yang dipergunakan untuk angkutan mudik gratis warga.

“Kami jaga-jaga saja, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat mudik gratis dilaksanakan. Ada temuan kecil seperti lampu mundur yang tidak menyala. Kami minta kepada pemilik bus untuk menggantinya,” kata Ranto.

Dishub Cek Kesiapan Bus Mudik Gratis Pemkot CimahiFoto: Yudha Maulana

Rencananya, kata Ranto, Dishub akan melakukan pengecekan lanjutan pada 28 Mei mendatang di dalam tol tepatnya Rest Area KM 125. “Kami berharap agar pada pelaksanaan mudik nanti bisa berjalan lancar dan tak ada kendala,” katanya. (Harold)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *