oleh

Pemkot Cimahi Setiap Tahun Adakan Mudik Lebaran Gratis

KOTA CIMAHI, (PERAKNEW).- Pemkot Cimahi tahun ini kembali selenggarakan Program Mudik Gratis 2019. Hal ini mendapat respons positif dari warga perantau. Warga berharap mudik gratis rutin dilakukan setiap tahun.

Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Pemkot telah menyediakan kuota untuk 750 orang dalam program mudik gratis Lebaran tahun 2019 ini.

Kepala Bidang Angkutan dan PJU Dishub Kota Cimahi, Sumanto mengatakan, kuota mudik gratis pada tahun 2019 ini meningkat jika dibanding dengan tahun lalu yang jumlahnya hanya mencapai 603 orang, “Tahun lalu juga kuota sudah bertambah, tapi masih ada warga yang tidak terakomodir, makanya tahun ini kami tambah lagi,” ujar Sumanto saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi.

Dalam penambahan kouta tersebut, kata Sumanto, pihaknya menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Hal itu dilakukan sebagai bukti perhatian dari pemerintah Kota Cimahi terhadap masyarakat.

Salah seorang warga Kelurahan Melong, Ratim (48) mengatakan, dirinya mengikuti program mudik gratis untuk mudik ke Banyumas beserta keluarga kecilnya. Alasannya mengikuti program mudik gratis, yaitu agar lebih aman dan bisa pulang bersama warga lainnya, “Bersama istri dan dua anak saya ikut program ini mudik ke Banyumas. Ikut ya biar ramai-ramai aja mas pulangnya,” ujarnya, di Kantor Dishub Kota Cimahi, belum lama ini.

Program ini lanjutnya, sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. Dia mengaku baru pertama kali mengikuti mudik gratis dari Pemkot Cimahi, “Baru nyoba tahun ini, pokoknya ini sangat membantu untuk bantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Meski begitu, dia meminta adanya tambahan kendaraan, karena beberapa warga ada yang tidak kebagian mudik gratis, “Pengennya tiap tahun ada, tambah juga jurusan busnya biar banyak yang kebagian. Soalnya rutenya gak sampai ke Jatim, kalau ikut ini jadi lebih aman di jalan juga,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, sebanyak 15 unit bus disiapkan Pemkot Cimahi untuk mengangkut pemudik ke Semarang, Solo dan Yogyakarta, “Waktu pendaftaran dari 18 Maret-15 Mei 2019, berangkatnya 1 Juni 2019. Untuk syaratnya cukup mudah, hanya foto kopi KTP, KK dan Akta Kelahiran untuk balita diserahkan ke Kantor Dishub Kota Cimahi,” pungkasnya. (Harold)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya