oleh

Pemdes Calingcing Bangun Irigasi Baru Dampak Bencana Longsor

TASIKMALAYA, (PERAKNEW).- Sering tertutup tanah longsor, Pemerintah Desa Calingcing, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya membangun saluran irigasi Kawung Luwuk Dusun Calingcing Kidul.

Rabu (31/10/18) siang, Camat Sukahening, Kusnanto, S.Sos., dan Kasi PMD, Dedeh didampingi oleh Kepala Desa Calingcing, Maman Rustaman, S.H., Babinkhantibmas, Aiptu Rachwan R, Pendamping desa, Perangkat desa dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Calingcing, melakukan monitoring ke lokasi pembangunan Irigasi Kawung Luwuk, di lereng Bukit Boer.

banner 728x90

Camat bersama rombong berjalan kaki sekitar 2 Km dari kantor pemerintahan desa dengan menaiki bukit, menyusuri jalan yang terjal untuk bisa sampai di lokasi.

Dana perbaikan irigasi tersebut, bersumber dari program Dana Desa (DD) tahun 2018, tahap ke III sebesar Rp230.969.000,- dan volume 88 meter.

Hasil pantauan Perak, bahwa saluran Irigasi Kawung Luwuk bukan diperbaiki, namun pembangunan, karena saluran irigasi yang lama tertutup tanah longsor, sehingga pindah lokasi membuat saluran baru dengan cara di beton dan beberapa tiang penyangga memakai besi ukuran 12 inci.

Kepala Desa Calingcing, Maman Rustaman saat ditemui di lokasi menjelaskan, bahwa membangun saluran irigasi Kawung Luwuk, karena jauh dari permukiman penduduk, sehingga mahal biaya angkut bahan matrial dan penyimpanan matrial pun di wilayah Desa Kudadepa yang merupakan lokasi terdekat ke jalan.

“Saluran irigasi tersebut, merupakan sumber mata air utama yang manfaatnya untuk mengairi puluhan hektar sawah, kolam dan keperluan rumah tangga bagi sebagian besar masyarakat Desa Calingcing,” ungkap Maman.

Maman menambahkan, bahwa tanah lereng bukit Boer di lokasi tersebut, rawan longsor, masyarakat sudah terlalu sering bergotong royong memperbaiki saluran irigasi yang tertutup tanah dan sekarang saluran irigasi membuat baru.

Lanjut Maman, “Alhamdulillah pemilik sawah merelakan tanahnya dipakai untuk membuat saluran irigasi dan semoga pembangunannya lancer, serta hasil panen yang akan datang semakin melipah juga barokah untuk masyarakat Desa Calingcing khususnya, umumnya untuk semua,” pungkasnya. (Fauzi)

Berita Lainnya