oleh

Pembukaan MTQ Ke-48 Tingkat Kab. Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Subang ke-48 tahun 2018 telah resmi dibuka oleh Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE dengan ditandai pemukulan bedug dan penyerahan piala bergilir yang didampingi oleh unsur Forkofimda, Ketua LPTQ dan Kemenag Subang di panggung utama yang bertempat di Alun-alun Kabupaten Subang. Kamis (22/11/18).

Sebelum acara pembukaan, kegiatan tersebut dilaksanakan pawai ta’aruf yang sangat meriah yang diikuti oleh ribuan peserta kafilah perwakilan dari 30 Kecamatan. Rute pawai berawal dari lapang bintang lanjut menyusuri jalan S. Parman, jalan Wangsa Goparana, masuk ke gerbang DPRD, Jalan Dewi Sartika dan finish di alun-alun Subang.

Tema dalam kegiatan MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Subang tahun 2018 yaitu “Kita wujudkan membangun masyarakat Kabupaten Subang yang agamis, berakhlakul karimah dan demokratis”.

Laporan Ketua Panitia Bambang Suhendar, S.IP menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ dilaksanakan dari tanggal 22-24 November bertempat di Kecamatan Subang dengan lokasi utama di Alun-alun Kabupaten Subang dengan jumlah peserta sebanyak 650 orang serta dewan hakim 122 orang.

Kemenag Kabupaten Subang Drs. H. Abdurahim, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan MTQ tahun ini adalah STQ (Seleksi Tilawatil Qur’an) yang melombakan 9 cabang lomba dan pememnangnya akan dilombakan di di tingkat provinsi Jawa Barat.

Plt. Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan bahwa  untuk meningkatkan pemahaman dan Pengamalan nilai-nilai agama Islam yang dikandungnya dan upaya kita untuk memupuk hubungan silaturahmi sesama umat sehingga dampak dari MTQ ini diharapkan akan bermuara kepada perubahan akhlak Nur Karim yang lebih baik.

MTQ juga harus dapat dijadikan sebagai Wahana untuk meningkatkan persaudaraan persatuan dan kesatuan masyarakat Kabupaten Subang, oleh karena itu alangkah kecilnya jika MTQ kali ini hanya dikemas sebatas untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan keagamaan yang rutinitas saja, hanya mencari capaian perolehan juara dari cabang-cabang yang akan diperlombakan, akan tetapi harus dapat diarahkan kepada sebuah cita-cita besar untuk memberikan nilai Alquran dan kehidupan sehari-hari demi membangun masyarakat muslim Kab. Subang kearah peradaban baru yang islami dan lebih baik.

Masyarakat muslim Kabupaten Subang merupakan masyarakat  yang agamis dan sangat besar potensi keislamannya.  Oleh sebab itu melalui even MTQ tingkat kabupaten kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan semangat membaca menggali mengimplementasikan nilai-nilai luhur Alquran agar tercipta masyarakat Kabupaten Subang yang beriman bertaqwa maju dan bermartabat di samping itu pula harus diingat bahwa MTQ merupakan salah satu alat syiar Islam dan pembinaan akhlak sehingga Alquran yang menjadi pijakan musabaqah benar-benar dapat memberikan pemahaman tentang falsafah dan sumber-sumber ilmu pengetahuan yang harus diketahui oleh manusia.

Mudah-mudahan kegiatan MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Subang tahun 2018 bisa menjadi pendorong semangat kaum muslimin dan muslimat Kabupaten Subang untuk tetap menjalin silaturahmi, menjaga persatuan dan kesatuan, serta memupuk keikhlasan untuk meningkatkan akhlakul karimahnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah dewan hakim yang akan melaksanakan tugas menjadi dewan juri dalam setiap cabang lomba MTQ yang dilombakan pada MTQ tingkat Kabupaten Subang yang ke-48.

Acara dihadiri oleh unsur Forkofimda, Sekda kab. Subang, Ketua DPRD Kab. Subang, Kepala kementerian Agama Kab.  Subang, para kepala OPD, para camat se-kab. subang, ketua MUI Kab. Subang, Ketua LPTQ Kab. Subang, serta jajaran panitia  seluruh peserta MTQ. (Humas & Protokol)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya