oleh

Musrenbang KBB Penanganan Ekonomi dan Covid-19

-KBB-190 views

KBB, (PERAKNEW).- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 tingkat Kabupaten Bandung Barat (KBB) di gelar di Hotel Mansion Pine, Kota Baru Parahiyangan, Desa Cipendey, Kecamatan Padalarang, KBB, Selasa (29/3/2022).

Menurut Kepala Bapelitbangda KBB, Asep Wahyu mengatakan, “Arah kebijakannya adalah tetap, orientasi pada pertumbuhan ekonomi dan penanganan masalah Covid-19. Kita ingin menyelesaikan target RPJMD yang belum selesai, tahun 2023 adalah tahun terakhir masa jabatan pasangan AKUR, artinya kita akan cari celah celah mana di tahun 2019, 2020, 2021, 2022 akan kita sempurnakan, disamping pada tahun 2023 ada program program khusus,” katanya.

Asep menambahkan, “Sambil menyelesaikan kontruksi Covid-19, makanya kami mengambil tema yang melibatkan UMKM, BUMD dan BUMDES untuk menampung tenaga kerja setempat dan diharapkan menumbuhkan ekonomi lokal. Keinginan kita, distribusi PDBRD pertanian bukan jadi Nomor 3, jadi digeser ke nomor 2, RPJMD yang kemarin adalah tentang Agro Industri, yakni pertanian, Logikanya kalau sudah tercapai maka distribusi PDBRDnya pengolahan pertanian dan jasa,” tuturnya.

Asep mengatakan, Pembangunan yang berbasis RW dengan pemberian anggaran pembangunan untuk tahun ini, tahun berikutnya tidak ada lagi, berarti belum dilaksanakan 100℅. Asep juga menyebutkan, bahwa RPJMD pada masa pemerintahan AKUR optimis dapat tercapai.

Pada acara ini diberikan penghargaan bagi kecamatan yang melaksanakan Musrenbang sesuai dengan tahapan, yakni sesuai dengan Permendagri 86 dan ajuannya sesuai dengan RPJMD.

Dalam kegiatan kali ini, adà dua kecamatan yang mendapatkan penghargaan, diantaranya Kecamatan Cisarua, penghargaan diterima langsung oleh camat Taufik dan kecamatan Rongga diterima oleh camat Agus Rudianto. Acara ini dihadiri oleh Forkopimda KBB dan para undangan lainnya. (Rushendi)

Facebook Comments

Berita Lainnya