oleh

Meningkatkan Minat Baca, Diskominfoarpus Gelar Lomba Bercerita

CIMAHI, (PERAKNEW).- Untuk menumbuhkan minat membaca dan mencetak generasi muda yang cerdas dan berakhlak, Dinas Komunikasi Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi melalui Bidang Perpustakaan menggelar Lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Cimahi tahun 2021.

Kegiatan lomba tersebut, dimulai dengan seleksi tahap awal dimana para calon peserta diminta untuk membuat video bercerita dengan durasi maksimal 7 menit, lalu mengirimkan link video dimaksud ke laman yang telah ditentukan oleh panitia sampai batas akhir tanggal 24 Maret 2021.

Dari total sebanyak 74 peserta yang mengirimkan link videonya, 6 diantaranya terpilih oleh para dewan juri lomba untuk menyampaikan ceritanya secara langsung pada babak final yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Kota Cimahi Jalan Cihanjuang, Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi pada Jum’at (26/3).

Babak final lomba bercerita tersebut, dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan dan dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Diskominfoarpus, Titi Ratna Kemala yang hadir mewakili Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi.

Pada kesempatan tersebut, Kabid Perpustakaan, Ahmad Taufik mengapresiasi pelaksanaan kegiatan lomba bercerita yang diikuti oleh siswa-siswi SD dan MI/sederajat se-Kota Cimahi tersebut, “Anak-anak merupakan cikal bakal potensi sumber daya manusia yang harus kita persiapkan agar menjadi generasi penerus yang cerdas, berakhlak serta berwawasan luas sebagaimana tercermin dalam visi Kota Cimahi, yaitu menuju Cimahi Baru yang Maju, Agamis dan Berbudaya,” ujarnya.

Dia juga menekankan pentingnya menanamkan rasa gemar membaca secara dini dan berkesinambungan kepada anak-anak, karena kebiasaan membaca buku merupakan jembatan ilmu yang harus ditumbuh-kembangkan pada diri anak-anak.

Adapun tujuan lomba bercerita ini, tidak lepas dari persoalan relative rendahnya minat baca pada anak-anak, pelajar dan masyarakat di Kota Cimahi, sehingga perlu dimotivasi dan didorong untuk lebih intensif mengunjungi perpustakaan, serta menggerakkan dan menumbuhkan minat baca terutama pada anak-anak dan masyarakat, “Saya berharap agar kegiatan ini dapat terus diselenggarakan, mengingat kegiatan lomba bercerita ini merupakan salah satu wadah untuk menumbuhkan dan mengembangkan kecintaan terhadap budaya lokal dan cerita rakyat di kalangan anak-anak yang pada akhirnya mereka dapat mengerti, mengetahui tentang cerita rakyat yang ada di Kota Cimahi dan juga Provinsi Jawa Barat,” tutur dia.

Dia menyebutkan, Pelaksanaan Lomba Bercerita tersebut, ditujukan untuk meningkatkan minat baca di kalangan peserta didik khususnya tingkat SD dan MI, sehingga membaca menjadi habit/kebiasaan yang dapat menjadi modal untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mereka ke depannya.

Disamping itu, tujuan strategis dari pelaksanaan lomba tersebut, adalah dalam rangka mencari talenta baru yang nantinya akan mewakili Kota Cimahi pada ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat, “Harapannya, semoga tumbuh budaya membaca minimal di tingkat keluarga dan pada umumnya warga cimahi semuanya bisa membaca atau mengakses untuk selalu membaca ke perpustakaan ataupun melalui aplikasi e-Lib,” tuturnya.

Ditanya tentang tingkat penggunaan aplikasi e-Lib Kota Cimahi sejauh ini, Taufik mengklaim jumlah masyarakat yang mengakses aplikasi ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pihaknya berencana akan terus mengembangkan aplikasi ini agar semakin mudah diakses oleh warga masyarakat yang membutuhkannya, “Alhamdulillah e-Lib sudah beranggotakan 4,000-an orang. Untuk yang mengaksesnya sendiri sudah sampai 1,500-an orang rata-rata perbulannya selama ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa semakin meningkat untuk yang mengaksesnya,” pungkasnya.

Tampil sebagai pemenang pada babak final Lomba Bercerita tersebut, sebagai Juara 1, yaitu Freya dari SD Hikmah Teladan, Juara 2 Ivana dari SDK BPK Penabur dan Juara 3 Eleazar dari SDK BPK Penabur.

Adapun untuk juara Harapan 1 diraih oleh Dea dari SD Plus Nurul Aulia, dan Harapan 2 Althaf dari SDN Cimahi Mandiri 1.

Pengumuman dan pemberian hadiah lomba dilaksanakan secara langsung oleh Kepala Seksi Layanan dan Promosi Perpustakaan, Dra. Dida Hadiningsih, M.Si. Turut hadir pada kesempatan itu, para orang tua dan guru pendamping dari para peserta yang menjadi finalis lomba bercerita tersebut. (Arifin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya