KT Margaluyu Timur Terus Giat Bangun Insfrastruktur Lingkungan

CIASEM-SUBANG, (PERAK).- Masih tetap biaya swadaya masyarakat, Karang Taruna (KT) RW 14 Dusun Margaluyu Timur, Desa Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang terus giatkan gotong royong membangun lingkungannya, baik di bidang kebersihan maupun perbaikan insfrastruktur di kampungnya itu.

Dalam dua pekan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke 72 tahun ini, mereka lakukan kegiatan bhakti sosial perbaiki jembatan gorong-gorong, peninggian jalan rawan banjir dengan bahan material alakadarnya dan perbaiki jembatan saluran sungai sukamandi dilingkungannya.

Seperti telah diberitakan Perak didisi 170, KT Margaluyu Timur gelar kegiatan rutin membersihkan sampah rumah tangga dibeberapa titik lokasi pembuangan sampah di dusunnya mulai dari Hari Minggu, (23/07/2017).

Disela saat melakukan bhakti sosial itu, Ketua Panitia Kegiatan, bernama Sulaeman didampingi Sekretaris, Suhendi dan sejumlah anggotanya memaparkan, kegiatan itu dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih, serta mencegah datangnya bencana banjir. “Kegiatan kebersihan ini akan kami lakukan rutin setiap minggunya, hingga lingkungan sudah pastikan tidak tercemar dari sampah.

Tujuannya, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, juga mencegah banjir. Dalam kegiatan ini, kami mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, tidak membuang ke sungai dan tidak sembarangan dilingkungan.” Paparnya.

Lanjutnya mengatakan, “Setelah kegiatan ini selesai, selanjutnya dari hasil swadaya masyarakat kamipun rencananya akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS), melakukan pengambilan sampah dari rumah kerumah. Namun, ada kendala dalam perencanaan itu, diantaranya soal tempat pembangunan TPSSnya agar tidak mencemari lingkungan dengan bau tak sedapnya dan kendaraan pengangkut sampah dari rumah warga ke TPSSalat transfortasi. Kami berharap, kepada pemerintah Desa Sukamandijaya, khususnya kepada bapak Kades Ading Suryana, bisa menyisihkan dana khusus pembangunan insfrastruktur, yaitu Program Dana Desa Tahun 2017 untuk membeli kendaraan pengangkut sampah dan membantu biaya swadaya pembangunan TPSS ini.” Papar Leman berharap bantuan dari Kades Sukamandijaya.
Dalam kesempatan kerja bhakti itu, turut hadir para tokoh masyarakat setempat, perangkat Desa Sukamandijaya, Kadus Margaluyu Timur, Erwin, Empat Ketua RTnya dan Babinsa Desa Sukamandijaya.

(Hendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here