oleh

Eks Bupati Tabanan Ditahan KPK

JAKARTA, (PERAKNEW).- Komisi Pemberantasan Korusi (KPK) melakukan penetapan dan penahanan Eks Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryasuti dan dua nama lainnya terkait Pengurusan Dana Insentif Daerah (DID) di Kabupaten Tabanan tahun 2018 Senilai 65 Milyar. Kamis 24 Maret 2022.

dua tersangka lainnya adalah mantan Kepala Seksi Dana Alokasi Khusus Fisik II, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Rifa Surya (RS) dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali, I Dewa Nyoman Wiratmaja.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam konferensi pers di Gedung KPK Mennerangkan, “ kini tersangka ditahan di Rutan Polda Metro Terhitung hari ini, tersangka Ni Putu Eka ditahan untuk 20 hari pertama sampai 12 April nanti,” Terangnya.

kasus dugaan korupsi pengurusan DID Kabupaten Tabanan, Bali, pada tahun 2018 ini merupakan perkara pengembangan di mana sebelumnya KPK telah menetapkan beberapa pihak sebagai tersangka yakni, Yaya Purnomo, mantan Kepala Seksi di Dirjen Perimbangan Keuangan, Kemenkeu RI dan kawan-kawan.

“Tersangka tersebut adalah mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman, Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan RI Yaya Purnomo dan kawan-kawan,” ujar Lili.

Yaya Purnomo dan kawan-kawan merupakan tersangka dalam kasus suap dan gratifikasi terkait dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.(red)

 

Facebook Comments

Berita Lainnya