oleh

Diskominfo Latih Danramil dan Babinsa Membuat Video Kampanye Prokes

GARUT, (PERAKNEW).-  Komando Distrik Militer (Kodim) 0611/Garut bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut melatih pembuatan video singkat untuk seluruh Babinsa dan unsur Koramil di wilayah Kodim 0611/Garut. Dengan menggunakan andorid, pelatihan yang dipandu langsung oleh Sub Koordinator Pengelolaan Informasi, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Garut, Hanif Al Fajar, peserta dengan serius mengikuti proses pembuatan video, mulai dari pengambilan gambar, hingga proses editing sederhana.

Menurut Perwira Seleksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0611/Garut, Hartono Panggabean, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan aparat wilayah yaitu danramil dan babinsa, terutama dalam pemanfaatan multimedia sebagai sarana kampanye proktokol kesehatan.

“Seperti yang saya sampaikan dalam program kodim setiap semester dilaksanakan dan selanjutnya dari Satpol PP, dari Diskominfo juga kita minta untuk dilatihkan pembuatan video secara singkat,” katanya, Jum’at (25/03/2022), di sela-sela kegiatan bertajuk Binsiap Apwil dan Puanter pada semester I dan II Tahun Anggaran 2022, di Aula Graha Bakti Kodim 0611/Garut, Jalan Veteran, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut.

Diskominfo Latih Danramil dan Babinsa Membuat Video Kampanye Prokes2

Ia berharap, para peserta perwakilan yang hadir dapat menyebarluaskan informasi yang diperoleh dari kegiatan sehari ini kepada anggota lainnya, sehingga bisa dilakukan langsung di lapangan.

Sementara itu, Sub Koordinator Pengelolaan Informasi, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Garut, Hanif Al Fajar, yang didapat sebagai pemateri mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0611/Garut. Kegiatan ini dinilai sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan para aparat khususnya aparat babinsa.

“Kebetulan materi-materi yang disampaikan selain dari Diskominfo ada Satpol PP juga, kami rasa bagus untuk meningkatkan wawasan dari pada peserta, kemudian kami dari Diskominfo juga memberikan materi tentang pembuatan video,” ujarnya.

Ia menyampaikan, antusiasme dari para peserta cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya, terkait materi dan praktek yang telah disampaikan. Menurutnya, keterampilan dasar untuk membuat video sangat penting dimiliki, terutama di era kemajuan teknologi seperti saat ini.

Baca Juga : KELILING MUSEUM, KANG JIMAT BANGGA ATAS KEKAYAAN SEJARAH DAN BUDAYA SUBANG

“Namun kami rasa untuk di era sekarang semua masyarakat apa sudah menjadi keterampilan yang bisa dibilang harus lah gitu, minimal keterampilan dasar untuk membuat video tersebut di era sekarang harus dimiliki, karena baik untuk menyebarluaskan informasi yang sifatnya penting, atau yang sifatnya hiburan kalau bisa keterampilan itu ya sangat bagus,” lanjut.

Salah satu peserta kegiatan, dari Babinsa Koramil 1111/Tarogong, Kepala Sersan Muklason, mengatakan kegiatan pelatihan kali ini sangat bermanfaat, apalagi dalam hal penyampaian informasi peristiwa bencana.

“Saya selaku babinsa untuk kegiatan yang ada di lapangan seperti itu ada kejadian bencana longsor, banjir, bahkan yang lainnya bisa dipaparkan untuk kegiatan yang tadi, sehingga sangat bermanfaat,” tandasnya. (Hum/Herna)

Facebook Comments

Berita Lainnya