oleh

Tower di Bakan Welit tak Berizin, Camat Desak Kontraktor Hentikan Kegiatan

CIPUNAGARA-SUBANG, (PERAKNEW).- Geger lagi, telah ditemukan Proyek Pembangunan Menara Tower Seluler di Kampung Bakan Welit-RT 06/RW 02, Desa Jati, Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang diduga belum mengantongi izin alias Ilegal.

Faktanya, kegiatan pembangunan itu dikeluhkan oleh warga setempat, khusunya mereka yang memiliki lahan berdekatan dengan lokasi pembangunan tower tersebut, “Kenapa disebut belum mengantongi izin, karena kami yang bertempat tinggal di kampung ini yang berdekatan dengan pembangunan tower ini tak merasa diberi tahu atau sosialisasi saja tidak, izin lingkungan juga kami tidak merasa menandatangani,” ungkapnya.

Namun lanjut mereka, “Aneh, informasinya, kalau ke pihak Pemdes dan Kecamatan, pihak tower sudah berkoordinasi, padahal sebelum ke pemerintah setempat hingga kabupaten, seharusnya ke warga lingkungan dulu meminta izin lingkungan dan membahas soal dampak lingkungannya,” tandasnya.

Atas kejadian itu, sejumlah warga tersebut, menolak keras adanya tower dimaksud dan meminta pihak pemerintah terkait untuk menghentikan aktivitas pembangunan proyek tower di kampungnya itu.

Mendengar banyak keluhan warga lingkungan proyek tower itu, Forum Masyarakat Peduli (FMP) Posko Wilayah Cipunagara dan Media Perak mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Subang, pada Senin (29/06/2020).

Menurut Pegawai Bagian Perizinan Tower pada DPMPTSP Subang, bahwa Proyek Tower Seluler tersebut tidak berizin, “Tower di kampung tersebut, belum ada pengajuan izin ke kantor kami, intinya jika benar sudah melakukan pembangunan, berarti tidak berizin,” tegasnya.

Mendapat laporan tersebut lanjutnya, “Pihak perizinan akan segera menindaklanjuti terkait Proyek Tower Seluler tak berizin ini dan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama Sat Pol PP, untuk menyetop kegiatan proyek tersebut,” paparnya.

Pihaknyapun berterimakasih kepada FMP yang telah berpartisipasi dan melaporkan kegiatan pembangunan yang tidak menempuh perizinan ini.

Menanggapi hal itu, Camat Cipunagara langsung melayangkan Surat Teguran kepada Pimpinan Pembangunan Menara Tower itu, tertanggal 3 Juli 2020 dengan nomor surat 541.39/155/ Trantib/ 2020, mendesak agar pembangunan tower segera dihentikan, sampai perizinan dan kesepakatan dengan pihak-pihak terkait terpenuhi. (Hendra G)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya