oleh

Soal Dugaan Korupsi, Pelantikan PJS Kades Mayangan Ricuh

Cloud Hosting Indonesia

LEGONKULON-SUBANG, (PERAKNEW).- Pelantikan H Sunar Setiawan sebagai PJS (Penjabat Sementara) Kepala Desa (Kades) Mayangan, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang berlangsung Ricuh, di Kantor Desa Mayangan, Selasa, 27 Juli 2021.

Kericuhan muncul dari sejumlah masyarakat setempat yang tidak setuju atas H Sunar yang diusung Camat Legonkulon, Aet Rudiatna dilantik sebagai PJS Kades Mayangan.

banner 728x90

Pasalnya, Camat Legonkulon Aet Rudiatna terlalu egois dalam menentukan sikap mengusung PJS Kades tersebut, padahal sudah dua kali PJS Kades yang diusungnya itu, telah diduga melakukan korupsi Anggaran Desa Mayangan dan kala itu Camat Aet selalu terkesan menutup mata dari prilaku kedua PJS Kades yang diusungnya tersebut.

Bagaimana tidak, sebelumnya BPD Desa Mayangan sempat mengusung salah seorang bernama Didin Rohidin untuk menjadi PJS Kades Mayangan periode 17 Juli 2021-17 Januari 2022 dan mengusulkannya kepada Camat Aet, namun Camat Aet, tertanggal 22 Juli 2021 malah menunjuk H Sunar Setiawan dan tanggal 27 Juli 2021 ini langsung melakukan pelantikannya. Padahal Kepemimpinan Pemdes Mayangan saat ini tidak mengalami kekosongan, karena Camat Aet menetapkan seorang bernam Nurhasim sebagai PLH Kades Mayangan.

Seperti ditegaskan Anggota FMP yang juga Pemuda Desa Mayangan, Tarya Suryana dihadapan Camat Legonkulon, Aet beserta para tamu yang hadir pada acara pelantikan tersebut, “Saya atas nama warga Sesa Mayangan merasa kecewa atas keputusan Camat Legonkulon ini, karena semua PNS yang ditugaskan sebagai PJS Kades di Desa Mayangan semuanya merugikan masyarakat Desa Mayangan, yang diduga keduanya telah menyelewengkan anggaran desa,” tegasnya lantang.

Masih dalam acara pelantikan, Nurhasim PLH Kades Mayangan menambahkan dan membenarkan pernyataan Tarya tersebut, bahkan dirinya menyatakan siap membongkar kasus-kasus penyelewengan anggaran Desa Mayangan yang diduga dilakukan oleh dua PJS Kades Mayangan yang diusung Camat Legonkulon ini.

Selain mereka, Warga bernama Yayat Ruhyat juga menyampaikan aspirasinya di forum pelantikan tersebut, “Mana kinerja BPD Desa Mayangan?” tandasnya.

Terakhir, Ketua LSM Pendekar, Wahyudin turut berbicara, dengan memberikan peringatan terhadap Sekdes Mayangan, Toto Sujana, agar bekerja lurus-lurus saja, jangan ikut-ikutan PJS Kades yang tidak bener ini.

Namun, walaupun situasi Pelantikan PJS Kades Mayangan, H Sunar itu berlangsung Ricuh, Camat Legonkulon, Aet tetap bersikukuh melaksanakannya, yang dihadir oleh Kapolsek Legonkulon, Iptu A Musa dan sejumlah para kepala desa se-Kec. Legonkulon beserta para tokoh Masyarakat Desa Mayangan. (Atang S)

 

Berita Lainnya