oleh

Sesuai Harapan Presiden, Indonesia Raih Peringkat Ke-3 Besar SEA Games 2021

OLAHRAGA, (PERAKNEW).- Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) berkata, prestasi Atlet-Atlet Indonesia secara totalitas bertambah di SEA Games ke-31 yang berlangsung di Vietnam, 12-23 Mei 2022.

Baginya, kenaikan prestasi itu berkat pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional, meliputi Seleksi ketat dalam memastikan Atlet yang berangkat ke Event Multi Cabang Internasional.

Bersumber pada data yang dipegang Menpora, di Ajang SEA Games ke-30 tahun 2019 di Fiilipina, Indonesia mengirim 841 Atlet, serta menempati posisi ke-4.

Tahun ini, Indonesia mengirim 499 atlet ke Vietnam, serta sukses menduduki peringkat ketiga dari total 11 negara partisipan.

“Alhamdulillah, berkat suport seluruh Rakyat Indonesia, harapan Bapak Presiden supaya Indonesia masuk peringkat 3 besar di SEA Games Vietnam tercapai,” ucapnya melalui penjelasan tertulis, Senin (23/05/22).

Menpora menarangkan, Atlet Nasional yang berlaga di SEA Games Vietnam lebih efektif jumlahnya dibanding SEA Games Filipina.

Indonesia kehabisan 30 Medali Emas yang sempat diraih di Filipina, sebab cabang Olahraga serta nomor pertandingannya tidak dimainkan di Vietnam.

Baca Juga : Diduga H. Nono Komersialkan WC Umum Pasar Ciasem

Lebih lanjut, Zainudin Amali bilang Desain Besar Olahraga Nasional yang merupakan implementasi Peraturan Presiden No. 86 Tahun 2021, terdapat di jalur yang benar.

“terdapat momen peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020, Bapak Presiden memerintahkan kami buat meninjau ekosistem pembinaan prestasi Olahraga Nasional,” ucapnya.

Merujuk perintah Presiden, pengiriman Atlet ke Event Multi Cabang Internasional wajib melalui proses peninjauan yang mengaitkan akademisi, praktisi, perwakilan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), serta Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Walaupun lebih dahulu banyak keberatan serta keluhan dari pihak cabang Olahraga yang tidak berangkat, Menpora menegaskan bakal mempertahankan pola pengiriman Atlet semacam itu, sebab teruji sukses penuhi sasaran prestasi.

Baca Juga : Viral Di Subang Kakek 71 Tahun Nikahi Gadis Umur 19 Tahun

Semata-mata informasi, SEA Games 2022 di Vietnam mempertandingan 40 cabang Olahraga, dengan total 523 nomor pertandingan.

Indonesia mengirim 776 orang terdiri dari 499 Atlet, 214 ofiisial, serta 62 asisten, buat berjuang mencapai medali di 32 cabang Olahraga, serta 318 nomor pertandingan.

Hasilnya, Tim Merah Putih berhak menempati juara ketiga, dibawah Vietnam serta Thailand, berkat koleksi 242 medali, terdiri dari 69 emas, 92 perak, serta 81 perunggu. (Red)

Berita Lainnya