oleh

Rekrut Perangkat Desa, Diduga Kades Panyingkiran Langgar UU Desa

PURWADADI-SUBANG, (PERAK).- Pengelolaan dana ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk pembangunan desa yang bersumber dari pemerintah pusat maupun daerah harus dibarengi kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Dalam pasal 50 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyebutkan, perangkat desa harus berpendidikan paling rendah tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, mulai dari ketua RT/RW atau kepala dusun dan itu sudah diberlakukan sejak tahun 2017 yang lalu.

Demikian diungkapkan Tokohasyarakat Desa Panyingkiran, H. Wawan Gunawan kepada Perak, Rabu (01/05/2019), “Auran tersebut, dibuat mengingat besarnya gelontoran Dana Desa (DD) yang dialokasikan dari APBN untuk mengembangkan desa sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Akan tetapi aturan yang termaktub dalam Undang-undang dimaksud, tidak diterapkan di Desa Panyingkiran, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang,” tutur pria yang akrab disapa H. Odong ini.

Dari hasil pantauannya, ada perangkat desa (kadus) di 4 (empat) dusun Desa Panyingkiran, yakni Dusun Pasirjadi, Bakan Boles, Karang Jaya dan Krajan, tak satupun yang tamat SMA.

Lanjut Odong, berdasarkan hasil konfirmasinya kepada Kepala Desa Panyingkiran, dia menjelaskan, “Kades Panyingkiran, saat dikonfirmasi oleh saya, terkait masalah tersebut, menjawabnya dengan enteng, dis menyebut, bahwa semua itu merupakan kebijakan dan kewenangannya,” ungkapnya.

Sementara, Odong menambahkan hasil konfirmasinya pula kepada salah seorang kadus bersangkutan, “Ada Kadus mengaku memakai ijazah anaknya. Ini kan ironis, padahal aturan atau Undang-undang itu dibuat untuk dilaksanakan, bukan hanya sebagai pajangan. Saya sebagai warga masyarakat Desa Panyingkiran berharap ada pembenahan, kalau kades tetap mengambil kebijakan yang tidak sesuai dengan Undang-undang. Kami tidak segan-segan akan menempuh jalur hukum,” tegasnya. (Hamid)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya