oleh

Rangkuman Sejarah Kemerdekaan RI Serta teks Proklamasi

PERAKNEW.com – Berikut rangkuman sejarah kemerdekaan Republik Indonesia serta isi teks proklamasi 17 Agustus 1945 silam.

Bertepatan pada 17 Agustus 2022 Republik Indonesia hendak memperingati hari lahirnya yang ke 77 tahun.

Sejarah panjang penuh perjuangan dari para pahlawan serta pejuang-pejuang lainnya berupaya buat memerdekakan Indonesia.

Mengenali tentang sejarah kemerdekaan Indonesia merupakan metode kita buat mengenang jasa para pahlawan yang berjuang.

Berikut ini rangkuman sejarah kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang terjalin pada tahun 1945 :

  1. 8 Maret 1942, Terdapat peristiwa Belanda yang menyerah di Jawa, Gubernur Jenderal Tjarda van Starkenborgh Stachouwer ditawan oleh Jepang.
  2. 29 April 1945, Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) juga didirikan.
  3. 6 Agustus 1945, Bom atom dijatuhkan oleh Amerika Serikat di Kota Hiroshima, Jepang. Perihal ini menimbulkan Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.
  4. 7 Agustus 1945, BPUPK yang dibangun pada 29 April 1945 dibubarkan, selaku gantinya Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) juga dibangun.
  5. 9 Agustus 1945, Usai di Hiroshima, bom atom pula dijatuhkan di Kota Nagasaki, Jepang oleh Amerika Serikat.
  6. 12 Agustus 1945, Tokoh nasional semacam Soekarno, Moh Hatta, serta Radjiman Wedyodiningrat berjumpa Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam. Pihak Jepang melaporkan hendak menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
  7. 14 Agustus 1945, Dikala Soekarno, Moh Hatta, serta Radjiman Wedyodiningrat kembali ke Indonesia, Sutan Syahrir menekan Soekarno-Hatta buat memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia.
  8. 15 Agustus 1945, Akibat Jepang yang menyerah tanpa ketentuan kepada sekutu serta terjalin kekosongan kekuasaan di Indonesia, kalangan muda menekan Soekarno buat memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945 tetapi Soekarno mau meminta pendapat PPKI.
  9. 16 Agustus 1945, Soekarno-Hatta diamankan ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat oleh kalangan muda serta dituntut lekas memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia lewat radio.
  10. 17 Agustus 1945, Naskah teks proklamasi disusun di rumah Laksamana Maeda. Soekarno membaca teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia dirumahnya di Jl. Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta, jam 10.00 WIB.

Isi Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bertepatan pada 17 Agustus 1945

Baca Juga : Suara Dentuman Keras di Gunung Semeru, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Isi naskah teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik dengan ejaan van Ophuijsen selaku berikut :

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan tjara seksama serta dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Baca Juga : Kecelakaan Maut Bus Eka vs Motor, 2 Orang Tewas

Teks proklamasi di baca oleh Soekarno serta didampingi oleh Bung Hatta di kediamannya Jl. Pegangsaan Timur Nomor 56, ialah di kediaman Soekarno. (Red)

Facebook Comments

Berita Lainnya