oleh

Polda Jabar Naikan Kasus Dugaan Korupsi Milyaran Rupiah Bansos Covid-19 Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Proses penanganan dugaan kasus Korupsi Milyaran Rupiah Dana Bntuan Sosial (Bansos) Dampak Covid-19 APBD Subang Tahun Anggaran (TA) 2020 telah gelar perkara dan kini kasusnya dinaikan ke tahap penyelidikan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar).

Hal itu diketahu setelah Ketua Umum (Ketum) LSM Forum Masyarakat Peduli (FMP) selaku pelapor, menerima Surat Pemberitahuan Penanganan Laporan (SP2L) atas kasus dugaan korupsi tersebut, dari Direktorat Resesrse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jabar, belum lama ini, tanggal 21 Mei 2021.

Adapun isi dalam SP2L itu adalah, bahwa tahap Pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) dugaan kasus korupsi Bansos Covid-19 Subang sudah gelar perkara pada tanggal 30 Maret 2021 dan prosesnya kini dinaikan ke tahap penyelidikan.

Seperti dikatakan Ketum FMP, Asep Sumarna Toha kepada Perak, “Pulbaket kasus dugaan korupsi Bansos Covid-19 Subang kini sudah naik ke tahap penyelidikan, ini bukti SP2L nya dari Direskrimsus Polda Jabar. Atas hal ini, kami ucapkan terimakasih kepada Polda Jabar yang telah serius menangani kasus yang kami laporkan ini, demi terciptanya penegakan hukum yang profesional dan proporsional dalam pemberantasan korupsi di Wilayah Hukum Polda Jabar,” ujar Aktivis yang sering disebut Abah Betmen ini, di Posko Pusat FMP, Jalan Palabuan, Kelurahan Sukamelang, Kec./Kab. Subang, Rabu, 26 Mei 2021.

Baca Juga: Diduga Bansos Covid-19 Subang Susut Rp7,8 Milyar, Polda Jabar Bergerak Cepat

Abah Betmen juga menyatakan, “Kami akan terus mengawal proses penanganan kasus dugaan korupsi dana Bansos ini dan selalu mensuport Polda Jabar dalam hal penegakan hukum tindak pidana korupsi atau pidana khusus yang tengah ditanganinya tersebut,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil investigasi Perak bersama FMP di lapangan, ditemukan ada dugaan korupsi sekira Rp3,9 Milyar dalam satu periode realisasi dana Bansos Covid-19 ini. Sementara, dana Bansos Covid-19 tersebut, telah cair dua periode. (Hendra2)

 

Berita Lainnya