Penutupan TMMD 102 Diwarnai Dengan Menari Maumere bersama Pangdam

oleh

SUBANG, (PERAKNEW).- Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim menghadiri acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang Ke 102 tahun Anggatan 2018, Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE.,  yang bertemakan “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” yang di selenggarakan di Alun-Alun Desa Cirangkong Kec. Cijambe, Kabupaten Subang Rabu (08/08/2018).

Dalam kesempatan tersebut Hadir pula Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Danrem 063 Sunan Gunung Jati, Kol. Arm. Maryudi, Kadisops Lanud Suryadarma Kalijati Kolonel Pnb. Khairun Aslam, Dandim 0605 Subang, Letkol Inf. Fikri Ferdian, Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni, Kajari Subang Pramono Mulyo, para OPD dan para camat se- Kabupaten Subang.

Di kegiatan tersebut hadir pula  isteri-  isteri TNI dan ibu ibu dari pemkab yang  berbaur dengan ratusan warga mengikuti tarian Maumere sebagai penutup kegiatan TMMD 102. Selain pementasan tarian kolosal maumere sebagai tanda kehadiran TNI membangun desanya, bukan hanya itu saja untuk mensejahterakan dan membahagiakan mereka, juga dalam rangkaian penutupan TMMD disana ada santunan kepada jompo serta paket sembako, khitanan massal, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis dan kawin massal dengan saksinya langsung Pangdam III Siliwangi, Plt Bupati Ating Rusnatim serta Camat Cijambe, Udin Jazudin.

Bahkan untuk meninjau hasil pembangunan fisik serta memberikan santunan,“Saya cukup bangga atas hasil-hasil yang telah dicapai semoga saja bisa bermanfaat dan menjaga serta memeliharanya,“kata Pangdam sebagaimana amanat Kepala Staf Angkatan Darat, Jendral TNI Mulyono, bahwa pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional nawacita yang ingin mewujudkan membangun Indonesia dari pinggiran.

Ia menyebutkan, potensi yang ada dipedesaan harus dikembangkan, dan kekurangannya harus diatasi guna mencapai pemerataan. Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut melalui kegiatan TMMD ke-102 TA 2018 ini diselenggarakan selama 30 hari secara nasional TMMD tersebar di 50 kabupaten, 50 Kecamatan dan 79 Desa dengan didukung pemda dan dinas terkait termasuk kejaksaan serta kepolisian, ujarnya.

Diharapkan upaya yang telah dilaksanakan dapat menjadi pemicu dan mendorong masyarakat untuk maju dan berkembang. Pada akhirnya akan menguatkan imunisasi bangsa sebagai generasi milenial yang berdaya saing tinggi, mempertahankan semangat kemanunggal TNI dan Masyarakat serta semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa.

Disisi lain Dandim 0605 Subang, Letkol Inf.Fikri Ferdian sendiri menyebutkan, TMMD di wilayah kerjanya telah berhasil mewujudkan program rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembukaan jalan baru, pengerasan serta pembuatan tembok penahan tanah dan gorong-gorong. Selain itu perbaikan rumah ibadah, Poskamling dan saluran drainase.

“Termasuk sasaran non-fisik untuk menumbuhkan kekebalan dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa dan hal-hal yang mengarah kepada konflik sosial melalui berbagai penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan,kerukunan antar umat beragama, serta bahaya Narkoba dan paham-paham radikal,” jelasnya.

Serta diberikan juga asistensi tentang pemeliharaan Kamtibmas, pencegahan dan penanganan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan), penyuluhan kesehatan dan program KB, serta bimbingan tentang cara-cara bertani dan beternak yang moderend.

Dalam Kesempatan tersebut Pangdam III Siliwangi membacakan amanat dari  kepala staf angkatan darat Jendral TNI Mulyono menyampaikan Pembangunan wilayah desa merupakan salah satu  realisasi dari kebijakan nasional  nawacita yang ingin mewujudkan  membangun indonesia dari pinggiran. melalui -pembangunan inilah potensi yg ada  dipedesaan harus dikembangkan, dan kekurangannya harus diatasi guna mencapai pemerataan. salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke-102 ditahun 2018 yg di selenggarakan selama 30 hari.

Tidak ketinggalan Plt Bupati Subang Ating Rusnatim mengatakan,”Berharap upaya yang telah dilaksanakan ini dapat menjadi pemicu yang mendorong masyarakat kita untuk maju dan berkembang. hal ini yang diharapkan pada akhirnya akan menguatkan imunisasi bangsa sebagai generasi milenial yang berdaya saing tinggi.
1. Pertahankan semangat kemanung galan antara TNI dan masyarakat; 2. Tingkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa; 3. Pelihara hasil program TMMD ke-102 ini agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yg cukup panjang; 4. lakukan evaluasi secara penyeluruh untuk dijadikan bahan perbaikan dalam TMMD mendatang; 5. Kepada para prajurit yang tergabung dalam TMMD  saya ucapkan terimakasih atas dedikasinya,” pungkasnya. (Adih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *