oleh

Pelaksanaan Misa Malam Natal di Cimahi Berjalan Kondusif

CIMAHI, (PERAKNEW).- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Cimahi memantau pelaksanaan misa di sejumlah gereja, Kamis (24/12/2020) malam.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan misa malam Natal di sejumlah gereja di Kota Cimahi berjalan aman dan kondusif. Pengelola gereja pun menerapkan protokol kesehatan ketat kepada setiap jemaat yang datang untuk mengikuti misa.

banner 728x90

Ngatiyana bersama jajaran memantau pelaksanaan misa malam Natal di Gereja Katolik Santo Ignatius Baros, Cimahi. Dirinyapun bersyukur pelaksanaannya berjalan aman dan lancar, “Situasi dan kondisi pelaksanaan misa malam Natal ini sangat kondusif, protokol kesehatan juga diperhatikan dan diutamakan sekali oleh para pengelola gereja,” kata Ngatiyana.

Menurutnya, jumlah jemaat yang hadir di gereja dibatasi untuk menghindari kerumunan. Seperti ada salah satu gereja yang hanya menampung 100 jemaat. Padahal kapasitasnya bisa menampung 600 orang.

Begitupun dengan jeda dari misa pertama ke misa kedua ada yang sampai tiga jam. Hal ini memungkinkan pihak pengelola gereja melakukan sterilisasi gereja penyemprotan disinfektan, sehingga ketika digunakan untuk misa berikutnya sudah aman, “Melihat protokol kesehatan mulai dari pengecekan suhu tubuh, pakai masker, jaga jarak, dan sterilisasi tempat ibadah, bisa memberikan rasa aman kepada jemaat yang hadir,” ujarnya.

Dikatakan Ngatiyana, mewakili pemerintah daerah menitipkan pesan kepada para pendeta, pastur atau pimpinan agama agar bisa berdoa secara bersama-sama untuk keselamatan masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Khususnya di Kota Cimahi dan bangsa Indonesia pada umumnya, “Saya tadi titip agar berdoa demi keselamatan warga Cimahi dan Indonesia. Edaran kepada ketua DKM juga sudah disampaikan agar seusai salat Jumat, semua berdoa demi keselamatan warga di Cimahi khususnya dan umumnya Indonesia,” pungkas Ngatiyana. (Harold)

Berita Lainnya