Panwascam Purwadadi Gelar Bimtek-Lantik Seluruh PTPS

oleh -6 views

PURWADADI-SUBANG, (PERAKNEW).- Membahas hasil pelantikan sekaligus gelar Bimbingan teknis (Bimtek) untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2019, yang digelar oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purwadadi, di Gedung IPHI Purwadadi, Senin (25/03/19).

Ketua Panwascam Purwadadi, Anjar Pratama, S.T., mengatakan, bahwa PTPS yang dilantik dan mengikuti bimtek ini, sebanyak 177 orang, “Satu pengawas mengawasi satu TPS,” ujar Anjar saat berbincang dengan Perak, di Sekretariat Panwascam Purwadadi.

Dalam Bimtek tersebut, dipaparkan tugas dan kinerja PTPS, mulai dari penetapan pemungutan suara, pelaksanaan pencoblosan, pelaksanaan penghitungan suara dan mengawal pendistribusian surat suara yang sudah dicoblos dari TPS ke PPS.

Anjar menambahkan, Panwascam juga akan memberikan bahan serta alat kerja lapangan, sebagai penunjang kinerja PTPS, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan profesional.

Dia menjelaskan, “Pada saat pelaksanaan, pengawas harus mengawasi peredaran C6 kepada pemilih, karena di TPS rawan terjadi pelanggaran-pelanggaran ataupun manipulasi suara. Oleh karena itu, dengan adanya pengawas di setiap TPS diharapkan meminimalisir kecurangan. Bisa saja terjadi sebelum pemilih masuk TPS, ada yang mencegat dan memberikan sesuatu demi mempengaruhi pemilih, hal yang demikian juga harus diawasi oleh PTPS. Tindak tegas kalau menemukan pelanggaran demi terciptanya pemilu yang Jurdil,” pungkasnya menjelaskan. (Hamid)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *