oleh

Lantik 211 Kades Terpilih Secara Bertahap, Bupati Tasikmalaya Ciptakan Lapangan Kerja Melalui BUMDes

TASIKMALAYA, (PERAKNEW).- Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, S.I.P., melantik 211 Kepala Desa terpilih periode 2019-2025 hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2019, sebanyak 75 kepala desa yakni, 33 kepala desa dilantik di GOR Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah dan 42 kepala desa di GOR Desa Cogreg, Kec. Cikatomas. Pelaksanaan pelantikan tahap pertama pada Kamis 05 Desember 2019.

Pelantikan tahap kedua pada Jum’at 06 Desember 2019, sebayak 63 kepala desa, yakni 29 kepala desa dari eks Kewadanaan Taraju, bertempat di Gedung Dakwah Islam (GDI) Desa Taraju, Kec. Taraju dan 34 kepala desa dari eks Kewadanaan Singaparna, bertempat di Gedung PTMSI Desa Singaparna, Kec. Singaparna.

Tahap ke tiga pada Selasa 10 Desember 2019, sebayak 73 kepala desa, yakni 36 kepala desa dari wilayah eks Kewadanaan Ciawi, bertempat di Gedung Serba Guna Desa Tanjungkerta, Kec. Pagerageung yang meliputi wilayah Kec. Sukahening, Rajapolah, Jamanis, Ciawi, Sukaresik, Kadipaten dan Pagerageung serta 37 kepala desa dari wilayah Utara dan Barat Kab. Tasikmalaya yang bertempat di GOR PGRI Kec. Manonjaya, meliputi wilayah Kec. Cisayong, Sukaratu, Karangjaya, Kec. Cineam, Kec. Manonjaya dan Kec. Gunungtanjung.

Dalam rangkaian pelaksaan pelantikan tersebut, dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Kab. Tasikmalaya, H. Heri Bimantoro Ruslan, S.H.,M.H., Kepala Bagian Pemerintahan Desa Nuraedidin, S.I.P., Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Tasikmalaya, Hj. Ai Diantani Sugianto, S.H.,M.Kn., Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya, Imam Wicaksana, Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP. Anom Karibianto, S.I.K., Anggota DPRD, Direktur Rumah Sakit Kabupaten, Kepala BPN Kab. Tasikmalaya, Ketua KPAI, Diskominfo, Kabag Kesra, Kakesbang Pol, Ketua APDESI, Camat, Kapolsek, Danramil, Ketua BPD, Ketua KPAI, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan.

Berharap Kepala Desa terpilih agar dapat memajukan desanya, memanfaatkan Dana Desa sebaik mungkin dan menciptakan lapangan pekerjaan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), “Desa harus memiliki peran terdepan ketatanegaraan Pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya. Program dan pembangunan desa harus sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi dan Pemerintah Pusat, sehingga akan terjalin sinkronisasi dalam meningkatkan pembangunan yang merata di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto dalam sambutanya.

Sambung Ade, meminta para kepala desa terpilih ini untuk mengevaluasi ulang Dana Desa, “Anggaran Dana Desa tambah besar, baik dari DD maupun ADPD, akurasi penggunaan anggaran harus sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” ungkapnya.

Ditempat berbeda, Ade juga berharap para kepala desa terpilih dapat menjalankan tugas dan fungsinya semata-mata demi kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya.

Sinkronisasi program kerja, terang Ade, dari tingkat terbawah, yaitu desa ke kabupaten sampai dengan provinsi hingga ke Pemerintah Pusat mutlak diperlukan demi efektivitas dan efisiensi, “Mulai hari ini, bapak dan ibu kepala desa terpilih, berkewajiban memajukan dan menyejahterakan masyarakat di wilayahnya masing-masing. Pergunakan anggaran baik itu dari APBD maupun dari Dana Desa sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. (Fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya