oleh

Hujan Lebat Picu Longsor di Kota Cimahi

PERAKNEW.com – Hujan lebat menerjang kota Cimahi pada Sabtu (17/2/2024) sore hingga malam mengakibatkan terjadi longsor di sejumlah wilayah di Kota Cimahi. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, hanya saja satu orang pemilik rumah mengalami kerugian materil akibat longsor tersebut.

Kejadian longsor dilaporkan terjadi di wilayah Blok Citopeng RT 5 RW 22, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kabupaten Kota Cimahi.

Longsor terjadi pada tembok penahan tanah yang mengakibatkan bangunan kamar mandi rumah warga bernama Dede (51) ikut tergerus, “Penyebab kejadian dipicu derasnya aliran sungai Citopeng, disertai hujan dengan intensitas tinggi,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Rohmat.

Hujan deras yang mengakibatkan banjir juga membuat akses jalan Gang Blok Citopeng tidak bisa dilalui kendaraan roda 2. BPBD Kota Cimahi kemudian melakukan asesmen kaji cepat ke lokasi kejadian, serta berkoordinasi dengan unsur kewilayahan Kelurahan Melong, Tagana Kota Cimahi, Tim Reaksi Cepat (TRC) Kel. Melong, Ketua RT, dan pemilik rumah, “Kami juga menghimbau kepada pemilik rumah agar selalu waspada apabila terjadi potensi bencana,” kata Rohmat.

Tanah longsor juga terjadi di Komplek Tegal Kawung Garden, RT 01/RW 08, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Penyakit DBD, Dinkes Kota Cimahi Lakukan Fogging

Dampak kejadian tersebut, dinding rumah bagian belakang milik Nurmasduki (46) jebol dan material longsoran masuk ke dalam rumah. Estimasi nilai kerusakan sekitar Rp15 juta, “Penyebab kejadian karena kontur tanah lahan kosong yang labil dipicu hujan dengan intensitas tinggi,” ungkap Rohmat.

Upaya yang telah dilakukan BPBD Kota Cimahi melakukan asesmen kaji cepat ke lokasi kejadian. BPBD Kota Cimahi juga berkoordinasi dengan unsur kewilayahan Kelurahan Cipageran, Tagana Kota Cimahi, MRI, Ketua RT, dan pemilik rumah.

Tanah longsor juga terjadi di Kp. Ciseupan RT 03/RW 07, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan. Derasnya aliran air selokan dipicu hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan TPT di wilayah tersebut longsor, “TPT longsor mengakibatkan akses jalan Gang H. Rusmemed penghubung antara RT 03 dan RT 06 RW 07 untuk sementara ditutup,” terang Rohmat.

Masyarakat dan unsur terkait kemudian bergotong royong membersihkan material longsor. Upaya yang telah dilakukan BPBD Kota Cimahi melakukan asesmen kaji cepat ke lokasi kejadian, dan berkoordinasi dengan unsur kewilayahan Kelurahan Cibeber, Tagana Kota Cimahi, dan Ketua RT setempat.

BPBD Kota Cimahi menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan selalu siaga jikalau hujan terjadi terutama dengan intensitas tinggi, dan juga masyarakat diharapkan berperan aktif untuk menjaga lingkungan disekitarnya, sehingga dapat meminimalisir risiko bencana baik banjir maupun longsor.

Baca Juga : Diduga Oknum Caleg Dapil IV Lakukan Intervensi KPPS Untuk Merubah Suaranya

“Dan juga bagi pengguna kendaraan khusunya roda 2 jangan memaksakan menerobos genangan berarus sangat kencang yang ada di jalan dengan ketinggian lebih dari 30 centimeter untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dan terseret arus,” ucap Rohmat. (Harold)

Berita Lainnya