oleh

Halalbihalal-Festival Hadroh/Marawis & Qosidah Pemdes Sukamandijaya

CIASEM-SUBANG, (PERAKNEW).- Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamandijaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten, Subang gelar Halalbihalal dan Festival Hadroh, Marawis dan Qosidah, di Kantor Pemdes Sukamandijaya, Sabtu (6/7/2019).
Acara tersebut, dilaksanakan melalui tema, “Mari Kita Tingkatkan Silaturahmi Antar Warga dan Kita Wujudkan Desa Sukamandijaya yang Berintegritas”.IMG_20190711_014847

IMG_20190711_014751Pada kesempatan itu, dalam sambutannya Kades Sukamandijaya, Khoeruddin, S.Pd.I., menyampaikan, bahwa kegiatan keagamaan tersebut, dilaksanakan bertujuan meningkatkan berbagai kegiatan keagamaan yang sudah dilakukan di setiap dusun di desanya, “Insya Allah, atas diselenggarakannya acara ini, agar menjadi motivasi jalannya kegiatan agama Islam yang ada di Sukamandijaya secara terus dilaksanakan. Kegiatan pengajian akan dibuka kembali di majelis ta’lim-majelis ta’lim di Sukamandijaya,” tuturnya.

Lanjut Khoeruddin, “Berkaitan dengan program Pemdes bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, kegiatan peduli Kamtibmas di lingkungan desa sudah dilakukan, terutama razia anak yang suka konpoy motor. Untuk itu, Bapa/ ibu yang punya anak muda, agar hati-hati dan mengawasi segala kegiatan anaknya,” ujarnya mengimbau.

Dia menambahkan, “Selain itu, tentang pembangunan infrastruktur desa melalui dana desa, tahap pertama sudah dilaksanakan, ADD juga sudah, kami mohon kerja samanya, agar terlaksana dengan lancar,” ungkapnya.IMG_20190711_014812.jpg

Selanjutnya disambung oleh sambutan Tokoh Masyarakat Sukamandijay, Uu menyampaikan pesan, agar Desa Sukamandijaya bisa bengkit lebih maju dari sebelumnya, “Bangunlah jiwanya dan Bangunlah badannya,” tegasnya.

Sambutan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Sukamandijaya, Tasli yang mewakili Camat Ciasem dan Kapolsek Ciasem juga Danramil yang tidak bisa hadir.IMG_20190711_095720.jpg

Tasli mengungkapkan, “Selama sebelas tahun saya tugas disini, baru ada acara keagamaan seperti ini, saya sangat apresiasi,” ungkapnya.

Lanjutnya untuk kelengkapan mitra desa, “Mohon karang taruna segera dikukuhkan, agar salah satu contoh kepedulian lapang sepak bola bisa dibenahi,” terangnya.

Tasli mengajak kepada semua elemen masyarakat, bahwa tentang keputusan KPU maupun MK, “Kita jangan bicara satu atau dua, mari kita bersatu dan bagaimana caranya desa kita bisa maju, karena desa kita barometer dari desa lain Sekecamatan Ciasem, banyak penduduknya dan dekat dengan Kantor Kecamatan Ciasem,” ujarnya.

Ditambahkannya berkaitan dengan cipta kondisi Desa Sukamandijaya, “Anak sekarang sangat memperihatinkan, maka mulai dari kemarin kami bersama Pemdes Sukamandijaya, melakukan patroli dari Wesel samapai Pintu air, agar mengurangi kenakalan remaja. Bapak, ibu agar waspada punya anak muda, terutama dangan narkoba. Demi keamanan dan kenyamanan anak bapak dan ibu, tidak ada yang lain,” pungkasnya.

Sementara, pada acara pokok, yaitu siraman rohani, penceramah oleh KH. Sarana Abdulhamid, M.Pd.I., (Ketua KUA Blanakan), dengan materi “Makna Halalbihalal, yaitu Habuminallah Habuminanas/hubungan manusia dengan manusia, pentingnya kebersamaan/kebhinekaan, Bulan Ramadhan, ciri sifat hasut, sifat pemimpin, ibadah infak 2,5%, hadirnya teknologi, peran penting membangun moral pemuda/i agar bisa jadi harapan bagi agama, orang tua, bangsa dan negara.IMG_20190711_014528.jpg

Acara terakhir, pengumuman juara Festival Hadroh, Marawis dan Qosidah sekaligus pembagian hadiah/piala kepada Juara 1, Nurul Muhajirin (Dusun Margaluyu Barat), Juara 2, Ammahabah (Dusun Rawasari), Juara 3, Nurul Hidayah (Dusun Karang Anyar Timur), Juara Harapan 1, Assalam 1 (Putri) dari Dusun Margaluyu Barat dan Harapan 2, Al-Muttaqin dari Dusun Margaluyu Timur.

Adapaun peserta yang mengikuti lomba/festival tersebut, ada sebanyak 22 grup perwakilan dusun-dusun di lingkup Desa Sukamandijaya. (Hendra)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya