oleh

Debat Kandidat Paslon Bupati Subang Berlangsung Aman

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang gelar debat Kandidat Pasangan Calon (Paslon) Bupati Subang Tahun 2018, di Aula Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha HannasJalan Raya Binong No. 64, Kecamatan Binong, Kab. Subang, Sabtu (12/5/18).

Antusias masyarakat masing-masing membesarkan nama Paslon yang didukungnya, yaitu Paslon nomor satu, Jimat Akur dengan seragam baju putih dan pendukung Paslon nomor 2, Hj. Imas dan Sutarno  berbaju seragam kuning, tak mau ketinggalan pendukung Paslon Dedi J dan Budi dengan  seragam  warna merah, walaupun sempat tegang adu suara yel-ye Paslon masing-masing, acara debat tetap berjalan dengan aman.

Masing-masing Paslon hampir mempunyai visi-misi yang sama, seperti Paslon nomor urut satu dalam pidatonya ada empat hal yang akan dikejar, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan birokras Subang yang bersih dan terbuka, meningkatkan kwalitas pendidikan dan kesehatan.

Sedangkan Paslon nomor dua, lebih mengedepankan dengan memanfaatkan potensi yang ada, seperti adanya jalan tol Cipali yang dihimpit dua wilayah pegunungan dan lautan merupakan potensi yang luar biasa, itu semua bisa dikelola, dikembangkan dan dimanfaatkan sehingga misiya adalah MOTEKAR, artinya orang Subang adalah rakyat yang aktif, kreatif, inovatif dan produktiv, sehingga tercipta orang Subang yang dinamis, sehat, religius dan cerdas.

Terakhir, untuk Paslon nomor urut tiga, dalam visi dan misinya lebih cenderung ingin memperbaiki pemerintahan yang lebih baik, terutama dalam hal pelayanan masyarakat.

Menyikapi acara debat kandidat yang disambut dengan tarian tradisional tersebut, Ketua KPU Subang, Maman Suparman mengatakan, bahwa debat yang mengusung tema Subang membangun ini, agar semoga bisa menjadi edukasi dan bisa jadi bahan pertimbangan masyarakat dalam memilih. Walaupun jumlah pendukung setiap Paslon dibatasi, karena keterbatasan tempat dan alasan kemanan, tentunya demi kelancaran terselenggaranya debat Pilkada yang aman dan lancar.

“Jumlah undangan untuk pendukung pasangan calon kita batasi hanya 150 undangan per palson, ditambah pejabat dan unsur pejabat dilingkungan Pemkab Subang. Dalam sesi debat tersebut, masing-masing calon menyampaikan gagasannya dan berkomitmen untuk memajukan Kabupaten Subang, dengan memperbaiki serta merencanakan program pemberdayaan kepada masyarakat yang berkelanjutan sesuai dengan arah kebijakan nasional, khususnya bidang sumber daya manusia, infrastruktur, pendidikan, kesehatan jika terpilih pada 27 Juni 2018 mendatang,” ujarnya.

Acara debat terdiri dari lima sesi, yakni pemaparan visi misi, penyampaian pertanyaan oleh moderator, tanya jawab paslon (dua sesi) dan tanya jawab yang diakhiri statement paslon. Termasuk ketiga calon saling melemparkan pertanyaan dan memberi jawaban.

Suasana debatpun berlangsung meriah, karena masing-masing pasangan mendapat spirit dari pendukung yang hadir.

Debat yang dipandu oleh presenter iNews TV, Tasya Syarif itu, dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Subang, Maman Suparman, “Selamat melaksanakan debat, semoga bisa menjadi edukasi dan bisa bahan pertimbangan masyarakat dalam memilih,” kata Maman, membuka acara.

Debat Pilkada Subang dengan tema Subang Membangun ini, tentunya menjadi debat yang paling dinanti oleh masyarakat Subang, karena dengan menyaksikan debat ini tentunya akan memberi sedikit pandangan paslon yang akan dipilihnya nanti.

Kegiatan debat berlangsung aman dan lancar panitia acara memperketat pintu masuk ke lokasi debat. Sejumlah petugas keamanan terlihat disiagakan berlapis. Sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk, “Silahkan nanti bisa disaksikan di iNews TV, (17/5/18) pada awal Ramadhan. Mudah-mudahan bisa memberikan tontonan yang menarik dan berkualitas bagi masyarakat,” pungkas Maman.

Acara ini turut hadir Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim, Ketua DPRD Subang, Ir. Beni Rudiono, Dandim 0605 Subang, Letkol Inf Fikri Ferdian dan Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni. Atang S/Adih

Berita Lainnya