oleh

Antusias Warga Desa Dukuh Mengikuti Acara Ruwat Bumi Perdana

PERAKNEW.com  – Pemerintah Desa Dukuh berkolaborasi dengan Karang Taruna Desa Dukuh beserta Masyarakat Desa Dukuh Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat, menggelar acara Ruwat Bumi perdana di Lapang Sepak Bola Desa Dukuh, pada Minggu 26 November 2023.

Ruwat Bumi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil yang diperoleh dari bumi dan Pengharapan hasil buminya lebih melimpah lagi kedepannya, serta penghormatan kepada leluhurnya.

Adapun serangkaian acara yang digelar pada Ruwat Bumi Desa Dukuh ini antara lain diawali dengan Pawai Dongdang yang diikuti oleh masyarakat di tiap dusun se-Desa Dukuh dan tasyakuran Istighosah serta dilanjutkan pula dengan pagelaran kesenian sunda, yakni wayang golek oleh Dalang Wawan Dede Amung.

Baca Juga : Peringati HUT PGRI & HGN Nasional, PGRI Pameungpeuk Gelar Jalan Santai & Gebyar Senam Sehat

Acara tersebut diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Dukuh, Kepala Desa Dukuh Ade Godam beserta staf dan perangkatnya, Para Ketua RT dan RW, Ketua Karang Taruna Desa Dukuh Muhammad Husen dan jajarannya, Bhabinkamtibmas Desa Dukuh, Babinsa Desa Dukuh dan para Tokoh Masyarakat setempat.

Antusias Warga Desa Dukuh Mengikuti Acara Ruwat Bumi Perdana1

Seperti diungkapkan Ketua Panitia Ruwat Bumi H. Nono Kartono kepada Perak, bahwa acara ruwat bumi tersebut adalah yang paling perdana diadakan di Desa Dukuh dan alhamdulillah antusias masyarakat yang sangat luar biasa dan berharap kedepan bisa selalu mengembangkan tradisi ruwat bumi.

Sementara itu, Kepala Desa Dukuh Ade Godam kepada Perak menyampaikan harapannya, bahwa dengan diadakannya ruwat bumi seperti ini agar kedepannya Desa Dukuh lebih makmur, lebih subur dan sejahtera.

Baca Juga : Koramil Binong Gelar Aksi Sosial Rutin Jum’at Berkah Bagikan Nasi Kotak

Menanggapi kegiatan tersebut, Ketua Karang Taruna Desa Muhammad Husen didampingi para anggotanya kepada Perak mengucapkan alhamdulillah, karena baru pertama kali kegiatan ruwat bumi ini dilaksanakan di Desa Dukuh dan masyarakatnya pun berbondong-bondong mengikuti kegiatan tersebut. (Galang)

Berita Lainnya